Kalla Toyota Makassar 2022 Melayani Penjualan Cash & Kredit Dp Rendah & Angsuran Ringan Proses Cepat & Mudah Berkas dibantu Sampai lolos
Menu
Model
Beranda » Promo & Berita Terbaru » Pertimbangkan 6 Hal Ini. Pilih Mobil Matic atau Manual?

Pertimbangkan 6 Hal Ini. Pilih Mobil Matic atau Manual?

Dipublish pada 10 Desember 2021 | Dilihat sebanyak 295 kali | Kategori: Promo & Berita Terbaru

Pilih Mobil Matic atau Manual?

Pertimbangkan 6 Hal Ini

Jangan terburu-buru putuskan pilih mobil matic atau manual. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu pertimbangan serta perbedaan antara kedua tipe mobil ini.

Perbedaan mobil matic atau manual terdapat pada jenis transmisi yang digunakan. Meski tentu saja, ini bukan satu-satunya perbedaan. Saat memilih akan membeli mobil manual atau matic, ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan.

Selain kebutuhan maupun selera, berikut ini merupakan perbedaan antara kedua tipe mobil. Pastinya bisa menjadi pertimbangan ketika memilih mobil matic atau manual.

 

1. Performa Berkendara

Performa saat mengendarai mobil manual atau matic rupanya berbeda. Penggunaan jenis transmisi antara kedua mobil ini secara langsung menghadirkan perbedaan untuk performa saat berkendara.

Mobil matic menggunakan transmisi otomatis. Dimana transmisi otomatis ini dibedakan kembali menjadi dua jenis:

  • Semi otomatis. Perpindahan gigi dilakukan pengemudi. Walau tidak menggunakan kopling
  • Fully otomatic. Pada transmisi otomatis sepenuhnya ini perpindahan gigi terjadi tanpa kendali pengemudi

Sementara mobil manual menggunakan jenis transmisi manual. Pengemudi mengendalikan operan serta perpindahan gigi. Serta menggunakan kopling.

Perbedaan transmisi membuat akselerasi kedua mobil berbeda. Mobil manual memiliki akselerasi lebih mulus. Penyebabnya karena pengemudi akan mengatur sendiri laju kecepatan dan persneling kendaraan.

Mobil manual juga memiliki lebih banyak percepatan gigi. Normalnya terdapat 6 percepatan gigi, dengan 5 untuk maju dan 1 gigi untuk mundur. Lebih banyak percepatan gigi juga membuat mobil manual lebih responsif dibanding matic.

 

2. Konsumsi Bahan Bakar

Saat memilih mobil, konsumsi bahan bakar sudah wajar menjadi pertimbangan. Mobil matic diyakini mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar dibandingkan dengan manual.

Transmisi otomatis pada mobil matic meningkatkan kerja mesin. Saat kerja mesin lebih berat sudah pasti komponen lainnya juga akan berpengaruh. Sehingga menggunakan bahan bakar lebih banyak.

 

3. Fungsi dan Penggunaan

Ini merupakan pertimbangan lain saat pilih mobil matic atau manual untuk pemula. Fungsi dan penggunaan dari mobil itu sendiri.

Bila membutuhkan mobil untuk penggunaan di kota besar, maka matic bisa menjadi pilihan. Sistem otomatis pada mobil matic akan menghindari kelelahan saat berkendara.

Sedangkan bila memfungsikan mobil untuk penggunaan di medan cukup besar. Maupun membutuhkan kecepatan tinggi, maka mobil manual bisa jadi pilihan.

 

4. Kenyamanan Berkendara

Seperti disinggung pada poin di atas, mobil matic akan cocok digunakan saat berkendara di kota. Pengemudi dengan karakter santai saat berkendara serta tidak diburu waktu. Tidak pula ingin kecepatan tinggi, akan cocok dengan jenis mobil matic.

Kenyamanan saat berkendara mobil matic tentu saja lebih unggul. Pengemudi tidak perlu repot mengganti persneling atau gigi. Istilahnya, cukup hanya menyetir kendali mobil.

Berbeda dengan mobil manual. Kenyamanan saat berkendara memang menjadi pertimbangan terakhir saat memilih tipe mobil ini.

 

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Mobil matic dan manual memiliki pemeliharaan berbeda. Sistem transmisi otomatis pada matic membutuhkan lebih banyak komponen mesin. Sehingga akan diperlukan perawatan serta pemeliharaan lebih rutin. Demi menjamin performa yang tetap mumpuni.

Perawatan mobil manual lebih mudah. Meski tentu tetap harus dilakukan secara rutin.

Selain itu perawatan seperti frekuensi waktu penggantian oli transmisi untuk mobil matic dan manual juga berbeda. Matic membutuhkan penggantian oli transmisi lebih sering. Serta kualitas lebih baik.

 

6. Harga

Pertimbangan lain saat pilih matic atau manual, adalah harga. Sepertinya sudah bukan hal yang baru maupun mengejutkan bila harga mobil matic akan lebih mahal.

Kenyamanan yang dihadirkan jenis mobil ini. Serta kemudahan berkendara sudah pasti membuat matic dibanderol harga lebih tinggi.

Memilih mobil manual atau matic memang gampang-gampang susah. Pertimbangan diatas memberikan gambaran perbedaan untuk pilih mobil matic atau manual. Mulai dari budget yang dimiliki untuk membeli mobil. Sampai juga faktor kenyamanan serta bahan bakar.

Selain itu, pilihan mobil matic atau manual juga sebaiknya ditentukan dari karakter pengemudi. Apakah akan lebih nyaman dan cocok dengan mobil manual. Atau malah mobil matic.

Bagikan
Artikel Menarik Lainnya

Kalla Toyota Customer Gathering Online Series 30

Dipublish pada 5 Januari 2021 | Dilihat sebanyak 852 kali | Kategori: Promo & Berita Terbaru

Kalla Toyota Customer Gathering Online Series 30 Sulsel menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi secara nasional. Selama masa pandemi COVID-19, seluruh lini bisnis saling bahu-membahu mengatasi kesulitan yang ada. Terlihat pertumbuhan ekonomi yang cukup positif di kuartal ketiga. Sehingga pemulihan... selengkapnya

Fortuner 2.800 cc kalla toyota makassar 2022

Dipublish pada 1 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 146 kali | Kategori: Promo & Berita Terbaru

Toyota Toyota Fortuner Terbaru 2800 CC Meluncur 2022 februari hargatoyotamakassar.com,makassar- Toyota Indonesia sedang menyiapkan peluncuran Fortuner 2.800 cc yang akan di laksanakan di awal tahun 2022. Model terbaru dengan mesin 1GD itu bisa dibilang ditunggu para pencinta Fortuner di Indonesia.... selengkapnya

ppnbm 100 % september di perpanjang toyota makassar ikuut aturan pemerintah

Dipublish pada 17 September 2021 | Dilihat sebanyak 298 kali | Kategori: Promo & Berita Terbaru

PPnBM DTP Kendaraan Bermotor Resmi Diperpanjang, Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen untuk kendaraan bermotor sampai akhir tahun 2021. “Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas... selengkapnya